Manajemen Kelas pada dasarnya mengembangkan pengaturan dan tata kelola kelas secara menyeluruh dengan penekanan pada berbagai jenis kegiatan dan kolaburasi antara pendidik (guru) dan peserta didik (siswa didik) dalam mengembangkan proses pembelajaran yang aktif, interaktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM). Manajemen Kelas dalam implementasinya mampu mengelola sumber daya sekolah yang sangat beragam (multiple smart) yang dilaksanakan oleh pendidik (guru-guru) dalam beberapa dimensi dasar, yaitu : (1) Pengelolaan proses dan komponen, (2) Sumber daya manusia yaitu pendidik (guru-guru) dan peserta didik, (3) Strategi pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (student centre), (4) Implementasi budaya dan lingkungan kelas dan (5) Pencapaian tujuan pencapaian proses pembelajaran dan peningkatan prestasi belajar peserta didik dan n peningkatan prestasi belajar peserta didik merupakan inti dari proses manajemen kelas secara keseluruhan.
Bahan Kajian Mata Kuliah Manajemen Kelas, meliputi hal-hal sebagai berikut : (a) Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dengan memusatkan perhatian kepada hakekat, fungsi dan pilar-pilar yang dikembangkan, (b) Hakekat Belajar dan Pembelajaran dengan mengelaborasi pada deskripsi, tujuan dan proses pembelajaran yang aktif, interaktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, (c) Konsepsi Manajemen Kelas (pengertian, tujuan, ruang lingkup, fungsi serta proses dan pola manajemen kelas), (d) prinsip-prinsip manajemen kelas, (e) teori, model dan pendekatan manajemen kelas, (f) komponen-komponen pengelolaan kelas, (g) pengelolaan kelas yang efektif (bentuk-bentuk pengelolaan kelas), (h) pengaturan ruang kelas,meliputi : (1) pengaturan ruang kelas, pengaturan iklim dan disiplin kelas serta (3) pengelolaan lingkungan belajar, (i) peran dan fungsi pendidik (guru) dalam pengelolaan kelas termasuk memusatkan kepada syarat-syarat yang diperlukan dan beberapa keterampilan yang dibutuhkan dalam pengelolaan kelas, (j) usaha-usaha pencegahan dalam penyelesaian permasalahan dalam pengelolaan kelas, dan (k) hubungan proses pembelajaran dan manajemen kelas serta mengembangkan manajemen kelas berbasis tematik.
Manajemen Kelas pada dasarnya mengembangkan pengaturan dan tata kelola kelas secara menyeluruh dengan penekanan pada berbagai jenis kegiatan dan kolaburasi antara pendidik (guru) dan peserta didik (siswa didik) dalam mengembangkan proses pembelajaran yang aktif, interaktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM). Manajemen Kelas dalam implementasinya mampu mengelola sumber daya sekolah yang sangat beragam (multiple smart) yang dilaksanakan oleh pendidik (guru-guru) dalam beberapa dimensi dasar, yaitu : (1) Pengelolaan proses dan komponen kelas, (2) Sumber daya manusia, (3) Strategi pembelajaran, (4) Implementasi budaya dan lingkungan kelas dan (5) Pencapaian tujuan proses pembelajaran dan peningkatan prestasi akademik. Pencapaian tujuan pencapaian proses pembelajaran dan peningkatan prestasi belajar peserta didik merupakan inti dari proses manajemen kelas secara keseluruhan.
Bahan Kajian Mata Kuliah Manajemen Kelas, meliputi hal-hal sebagai berikut : (a) Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dengan memusatkan perhatian kepada hakekat, fungsi dan pilar-pilar yang dikembangkan, (b) Hakekat Belajar dan Pembelajaran dengan mengelaborasi pada deskripsi, tujuan dan proses pembelajaran yang aktif, interaktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, (c) Konsepsi Manajemen Kelas (pengertian, tujuan, ruang lingkup, fungsi serta proses dan pola manajemen kelas), (d) prinsip-prinsip manajemen kelas, (e) teori, model dan pendekatan manajemen kelas, (f) komponen-komponen pengelolaan kelas, (g) pengelolaan kelas yang efektif (bentuk-bentuk pengelolaan kelas), (h) pengaturan ruang kelas,meliputi : (1) pengaturan ruang kelas, pengaturan iklim dan disiplin kelas serta (3) pengelolaan lingkungan belajar, (i) peran dan fungsi pendidik (guru) dalam pengelolaan kelas termasuk memusatkan kepada syarat-syarat yang diperlukan dan beberapa keterampilan yang dibutuhkan dalam pengelolaan kelas, (j) usaha-usaha pencegahan dalam penyelesaian permasalahan dalam pengelolaan kelas, dan (k) hubungan proses pembelajaran dan manajemen kelas serta mengembangkan manajemen kelas berbasis tematik.
Mata kuliah Manajemen Pendidikan dimaksudkan untuk memberi kesempatan dan pelayanan kepada mahasiswa dalam membangun pemahaman dan teori mengenai pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan. Kajian perkuliahan meliputi : (a) kebijakan desentralisasi pendidikan dan system pendidikan nasional, (b) konsep dan hakekat dasar manajemen pendidikan yang meliputi pengertian, sifat, tujuan dan manpaat, peranan dan fungsi, prinsip-prinsip dan ruang lingkup serta urgensi manajemen pendidikan, (c) pendekatan dan model manajemen pendidikan, (d) proses manajemen pendidikan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pemberian arahan, pengkoordinasian, pengendalian dan inovasi, (e) kebijakan pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan (f) kebijakan pengelolaan pendidikan dasar, (g) standar nasional pendidikan/standar pelayanan minimal, (h) manajemen berbasis sekolah (i) kepemimpinan, (j) pengawasan dan supervisi pendidikan, (k) manajemen dan penjaminan mutu, dan (l) sistem informasi manajemen. Kajian tersebut diharapkan dapat mengajarkan kepada mahasiswa untuk berpikir kritis (critical thinking), membaca teliti (close reading), menulis secara tegas (clear writing) dan analisis logis (logical analysis). Guna mendukung keperluan tersebut maka kajian yang dilakukan lebih menitik beratkan kepada bedah kepustakaan, pemecahan masalah dan diskusi sebagai kegiatan utama dalam mata kuliah ini.
Mata kuliah Manajemen Pendidikan dimaksudkan untuk memberi kesempatan dan pelayanan kepada mahasiswa dalam membangun pemahaman dan teori mengenai pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan. Kajian perkuliahan meliputi : (a) kebijakan desentralisasi pendidikan dan system pendidikan nasional, (b) konsep dan hakekat dasar manajemen pendidikan yang meliputi pengertian, sifat, tujuan dan manpaat, peranan dan fungsi, prinsip-prinsip dan ruang lingkup serta urgensi manajemen pendidikan, (c) pendekatan dan model manajemen pendidikan, (d) proses manajemen pendidikan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pemberian arahan, pengkoordinasian, pengendalian dan inovasi, (e) kebijakan pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan (f) kebijakan pengelolaan pendidikan dasar, (g) standar nasional pendidikan/standar pelayanan minimal, (h) manajemen berbasis sekolah (i) kepemimpinan, (j) pengawasan dan supervisi pendidikan, (k) manajemen dan penjaminan mutu, dan (l) sistem informasi manajemen. Kajian tersebut diharapkan dapat mengajarkan kepada mahasiswa untuk berpikir kritis (critical thinking), membaca teliti (close reading), menulis secara tegas (clear writing) dan analisis logis (logical analysis). Guna mendukung keperluan tersebut maka kajian yang dilakukan lebih menitik beratkan kepada bedah kepustakaan, pemecahan masalah dan diskusi sebagai kegiatan utama dalam mata kuliah ini.